Friday, March 9, 2012

Di Masa Depan Kony Akan Terkenal Dalam 15 Detik

Apa itu Kony? Jika kita aktif di jejaring sosial, baik itu Facebook, Twitter, maupun website lainnya, Kony adalah kata yang akan sering kita lihat dalam beberapa minggu ini. Begitu juga yang sempat terpantau pada Twitter penulis. Beberapa Tweet dengan hashtag #Kony2021 beberapa kali terlihat melintas pada timeline dan juga masuk Trending Topic. Sempat terpikir bahwa #Kony2012 adalah semacam kampanye untuk pencalonan diri seseorang. Entah itu pemilihan senat di AS atau bahkan bakal calon pengganti Pak SBY.


Namun setelah mendapat beberapa informasi, ternyata Kony di sini memang merujuk pada nama satu orang, Joseph Kony. Pertanyaan kini berubah, dari apa, menjadi Siapa itu Kony? Dari video berdurasi cukup panjang di Youtube menunjukkan Joseph Kony adalah pimpinan dari Lord's Resistance Army (LRA ) di Uganda, kelompok teroris yang melakukan berbagai tindak kekerasan, pembunuhan, perkosaan dan menculik anak-anak untuk dijadikan tentara.

Treding Topic Kony2012, dokumen pribadi

Video yang dibuat oleh pembuat film Jason Russell dan dimotori Invisible Children ini menjelaskan sosok Kony yang selama ini telah melakukan banyak kejahatan harus dihentikan. Video Kony 2012 yang sangat menyentuh ini juga mengajak semua untuk agar peduli dan memberi dukungan.


Sumber Youtube, uploader

Sangat menarik bagaimana sosok penjahat yang biasanya bersembunyi dan tidak ingin tersorot kejahatannya, malah dibuat terkenal. Jason Russell sendiri mengatakan, "KONY 2012 adalah film dan campaign oleh Invisible Children yang bertujuan membuat Joseph Kony terkenal, bukan untuk merayakan dia, tapi untuk meningkatkan dukungan agar dia segera ditangkap dan di adili".1

Hanya dalam waktu 1 minggu sejak diupload pada tanggal 5 maret 2012 , video Kony telah menembus angka 60,364,287 view. Sebuah angka yg sudah cukup menunjukkan bagaimana efektifitasnya campaign ini. Tulisan ini juga tidak akan ada disini dan kita baca seandainya tidak ada video tersebut.

Mungkin jika dulu ada istilah "In the Future, Everyone Will Be Famous for 30 Seconds" 2, maka di era digital dan social media saat ini setiap orang dapat menjadi terkenal hanya dalam waktu kurang dari 15 detik. Terima kasih Youtube and Internet!

source:
1 Campaignbrief.com/2012/03/lets-get-kony-in-2012.html
2 Hey Whipple Squeeze This - Luke Sullivan
Kony2012.com

0 comments:

Post a Comment