Thursday, May 31, 2012

Animasi Interaktif Ramayana oleh Google


Bagi masyarakat Indonesia khususnya Jawa, pasti tidak asing dengan dongeng Ramayana. Dongeng yang berasal dari cerita tradisional India ini memang benar-benar melegenda. Terlebih lagi jika kita mendengar kata Rama dan Shinta, Rawana dan Hanoman. Pikiran kita pasti melayang jauh ke dunia pewayangan yang penuh dengan bumbu kisah percintaan, pertempuran dan berbagai cerminan kehidupan yang bisa dipelajari.

Nah, bagaimana jika kita menikmati kisah epic tersebut di era digital saat ini? Ya...

Hari ini (31/05), Google Indonesia kembali mengangkat kisah Ramayana yang populer tersebut. Beralamat di situs www.ramaya.na , kisah ini disajikan dalam bentuk animasi interaktif yang keren.

Bagi yang sudah mencoba, pasti tersenyum-senyum sendiri. Bagaimana tidak, kisah pewayangan yang kuno direka ulang dengan gaya modern nan canggih. Misalnya waktu Hanoman hendak menyanyikan lagu untuk dewi Shinta, Ia menanyikannya di Youtube, heheh.

Yah, bisa ditebak kan!, jalan animasi interaktif Ramayana ini memang menggunakan beberapa fitur Google yang telah ada, misalnya seperti Maps, google chat, google docs dll. Hal ini bisa jadi memang sebagai langkah promosi juga untuk memperkenalkan produk-produk google.

Jika mengutip di Detikinet, situs ramaya.na memang disebut hanya bisa dimainkan melalui Google Chrome saja.  Jika kita menggunakan browser lain, kita akan disuruh mendownload Google Chrome dahulu ;)

Secara visual, eksekusi untuk ilustrasinya menarik. Didukung dengan teknologi HTML5, jalan cerita tampil dengan alur yang Keren. Animasi pada ramaya.na berupa popup dari jendela browser kita, jendela-jendela ini akan (kurang tahu istilahnya) terintegrasi membentuk cerita. Namun sayang memang cukup lambat untuk menjalankan situs ini. Terlebih lagi untuk pengguna dengan koneksi internet lambat. Hal ini bahkan membuat saya berpindah ke Komputer sebelah, heheh

berikut Screenshoot yang bisa dinikmati

Prabu Janaka Woro-woro melalui Google Chat. Image credit:mendadakiklan

Mengangkat Panah menggunakan scrollbar ke atas. Image credit:mendadakiklan

Hanoman menyanyikan lagu lewat Youtube. Image credit:mendadakiklan


Disana gunung, disini gunung, Ditengah-tengah ada pulau Jawa. Untuk melihatnya langsung, Biar gak jadi bingung, kunjungi saja Ramaya.na

2 comments:

Gadis Febriani said...

kelihatannya bagus banget ya...
tadi malem juga mau post ini sebenernya...
tapi karena net lemot... loadingnya lamaaaaaaa banget...
tutup tabs aja.. XD

memang launch tanggal 31 ya? sampe kapan ya... nanti klo kuota msh penuh atau pagi2 buta mungkin aku buka lagi haha

Deny said...

hahah, iya memang rada lama loadingnya
kemarin smpai pinjam komputer teman yg rada canggihan :D
kata teman2ku memang bru hari kamis kemarin, heheh ayo coba dibuka lagi. worth it to try nih :)

Post a Comment